Selamat Datang di Website Departemen Agribisnis - IPB University

Agribisnis

Workshop Student-Centered Learning dengan Menerapkan Problem-Based Learning (PBL) atau Project-Based Learning (ProjBL)

Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan workshop pembelajaran dengan tema “Student-Centered Learning dengan Menerapkan Problem-Based Learning (PBL) atau Project-Based Learning (ProjBL)” pada hari Sabtu tanggal 07 Agustus dan 14 Agustus 2021. Workshop ini diikuti oleh 31 orang dosen dari Departemen Agirbisnis FEM IPB dan 4 orang dosen dari Departemen Ekonomi Syariah FEM IPB. Instruktur workshop ini adalah Kamarza Mulia, Ph.D. dan Elsa Krisanti, Ph.D., staf pengajar pada Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang telah menerapkan PBL sejak tahun 2001.

Pada sambutannya, Dr. Ir. Dwi Rachmina, M.Si selaku Ketua Departemen Agribisnis FEM IPB berharap dengan terlaksananya workshop pembelajaran berbasis PBL atau ProjBL ini dapat  memberikan inspirasi bagi dosen untuk memulai maupun yang ingin lebih intensif menerapkan metode pembelajaran dengan paradigma student-centered learning. Melalui metode PBL ini, diharapkan dosen dapat memfasilitasi mahasiswa menjadi pembelajar yang memiliki future ready mind set dan skill set yang sesuai dengan tujuan pendidikan IPB 4.0 yakni mendorong mahasiswa untuk menjadi powerful agile learner (continues learner).

Problem-based learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah adalah salah satu dari metode pembelajaran dengan paradigma SCL yang menggunakan permasalahan dunia nyata sebagai pemicu kegiatan pembelajaran. Mahasiswa mengkonstruksi pengetahuan baru secara mandiri maupun dalam kelompok dalam konteks penyelesaian masalah yang diberikan. Jika proses pembelajaran dengan pendekatan SCL seperti PBL/ProjBL dilakukan secara berkesinambungan selama mahasiswa belajar di kampus, maka lulusan dapat diharapkan mampu berkontribusi secara efektif di dunia kerja karena mereka memiliki tiga hal sekaligus, yakni pengetahuan (knowledge), keterlampilan (skills), dan cara pandang (attitude) yang positif.

2 WhatsApp Image 2021-08-07 at 10.39.28 (2) WhatsApp Image 2021-08-07 at 10.39.30 (1)

Dosen yang menerapkan PBL diharapkan mampu berganti-ganti peran baik sebagai fasilitator, narasumber pengetahuan, maupun pengarah sehingga mahasiswa sebagai pembelajar memahami materi ajar dengan baik dan secara bersamaan meningkatkan kecakapan proses mereka. Disamping itu Pengajar juga harus mampu membangun kepercayaan diri para mahasiswa untuk dapat mengatasi masalah yang dihadapkan. (TAP)

WhatsApp Image 2021-08-07 at 10.39.28 (1) 5