IPB Jalin Kerjasama dengan Pemkab Blora dan PT. GMM-Bulog

kerjasama bloraInstitut Pertanian Bogor (IPB) sepakat melaksanakan kerjasama Tridarma Pergurun Tinggi dengan Pemerintah Kabupaten Blora dan juga PT. Gendis Multi Manis (GMM)-Bulog. Kerjasama ini diinisiasi oleh Departemen Agribisnis FEM IPB beberapa waktu lalu. Penandatangan MoU dilakukan oleh Rektor IPB yang diwakili sekretaris Institut yakni Dr. Ibnul Qayim dengan Bupati Blora, H. Djoko Nugroho, serta Direktur PT. GMM-Bulog, Dr. Rachmat Pambudy. Sebagai bentuk tindak lanjut MoU pada waktu yang sama juga dilaksanakan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pelaksanaan Pengembangan Agribisnis yang Berkelanjutan dan Berdayasaing antara Fakultas Ekonomi Manajemen dan PT. GM-Bulog. Penandatangan ini dilaksankaan oleh Prof. Yusman Syaukat sebagai Dekan FEM IPB dan bapak Doddy Soerachman sebagai sekretaris Perusahaa PT. GMM-Bulog. Sementara implementasi kerjasama anatra IPB dan Pemkab Blora akan dimatangkan setelah penandatangan MoU. Hal ini sesuai dengan pernyataan Bupati Blora yang menyampaikan bahwa “seluruh dinas terkait harus bisa melaksanakan kerjasama dengan IPB ini untuk mengembangkan agribisnis Blora sebagai penggerak perekonomian dan sarana untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan petani Blora”.

kerjasama gmmKegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian rangkaian seminar nasional Menuju Agribisnis yang Inklusif, Berkelanjutan, dan Berdayasaing dan dilaksanakan pada Rabu/8 Nopember 2017 di IPB International Convention Center (IICC), Baranangsiang-Bogor. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Departemen Agribisnis FEM IPB dan bekerjasama dengan Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI) dan Yayasan Suligar Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan ini dan juga peluncuran buku Agribisnis Series 2017: Menuju Agribisnis Indonesia yang Berdayasaing merupakan Program Inisiatif Agribisnis, Berkelanjutan dan Inklusif (iABI) yang diniisiasi oleh Dr. Bayu Krisnamurthi dan Departemen Agribisnis dan dilaksanakan oleh Yayasan Suligar Indonesia.

IPB dengan Pemerintah Kabupaten Blora dan PT. GMM-Bulog mengharapkan kerjasama yang telah dijalin dapat dilaksanakan dengan lancar dan sukses, dan memberikan dampak yang luas. Dr. Ibnul Qoyim Sekretaris Institut yang mewakili Rektor IPB menyampaikan bahwa sudah tepat bahwa inti kerjasama dalam bidang Tridarma mengedepankan Agribisnis, sebagaimana kita ketahui bahwa agribisnis merupakan cara pandang baru yang mengintegrasikan sistem dan usaha pertanian dari hulu ke hilir, IPB memiliki pengalaman dan model dalam pengembangan wilayah berbasis Agribisnis. Beliau juga menambahkan bahwa ini sesuai dengan visi IPB 2045 “ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dalam memperkokoh martabat bangsa melalui pendidikan tinggi unggul pada tingkat global di bidang pertanian, kelautan dan biosains tropika”.

Sebagai penginisiasi kerjasama dan kegiatan ini, Dr. Dwi Rachmina/Ketua Departemen Agribisnis FEM IPB menyampaikan bahwa Agribisnis merupakan menciptakan sistem nilai yang melibatkan petani kecil hingga industri nasional. Agribisnis yang inklusif merupakan cara baru memandang rantai agribisnis dimana melibatkan seluruh stakeholder, petani, swasta, LSM dan pemerintah. Saat ini, agribisnis yang inklusif belum dapat berjalan sebagaimana mestinya, padahal dapat membantu masyarakat secara luas (feryanto_wk).