Peringati Sumpah Pemuda, Wiratani Muda Sharing Pengalaman “Jadi Petani Itu Keren”

Wiratani Muda

Bertepatan dengan momen peringatan sumpah pemuda (Sabtu/28 Oktober 2017), Departemen Agribisnis bersama Majalah Trubus, Yayasan Suligar Indonesia dan Perkumpulan Alumni Sosek IPB menyelenggarakan Gelar Wicara Wiratani Muda Indonesia dengan tema Jadi Petani itu Keren, kegiatan ini dilaksanakan di IPB International Convnetion Center (IICC)-Baranangsiang, Bogor.

Kegiatan ini menghadirkan Wiratani (Agripreneur) Indonesia yang telah berhasil menjalankan ide dan bisnisnya, diantaranya adalah Destario Metusala (Pemulia Anggrek), Yudi Permana (Petani Jamur Tiram), Sujarto (Petani Buah Naga), Kevin Hillarius (Pembudidaya Ikan Hias), Hafidz Ilham Albana (Peternak Domba), Faldi Adisajana (Pengusaha Boneka Tanaman), Eva Lastri (Pembudidaya Sayuran Bunga), Aang Permana (Pengusaha olahan ikan), Rio Erlangga (Petani Jahe), dan Mya Harma (Pengusaha Rendang Daun Singkong). Disamping itu peserta yang hadir tercatat lebih dari 300 orang yang berasal dari Mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi (termasuk dari Sumatera), praktisi/pengusaha, petani senior, Perguruan Tinggi, Kementerian Pertanian, Perbankan, Kantor Staf Presiden, Telkom dan NGO.

Acara ini diawali dengan pengantar yang disampaikan oleh Dr. Burhanuddin (Sekretaris Departemen Agribisnis) dan Evy Syaerifa (Pemred Majalah Trubus). Dr. Burhanuddin menyampaikan bahwa wiratani muda ini merupakan ‘bentuk transformasi’ petani masa kini, yang mengadopsi teknologi dan mampu menyediakan apa yang diinginkan konsumen. Sementara Evy yang merupakan pemimpin redaksi majalah Trubus menyampaikan bahwa para wiratani yang hadir hari ini merupakan sebagian dari wiratani muda yang ada. Menurut Evy, ‘mereka yang menjadi wiratani muda hari ini merupakan mereka yang berani melawan arus kekinian’.

Kegiatan gelar wicara ini dipandu oleh Dr. Bayu Krisnamurthi yang merupakan dosen senior Departemen Agribisnis yang juga merupakan penggagas kegiatan ini. Pada pengantarnya, Bayu mengatakan bahwa “Para wiratani muda ini tidak hanya sekedar berani melawan arus, tapi mampu membuat arusnya sendiri sehingga menjadi contoh/model bagi anak muda yang lain’.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini, memberikan respon positif beberapa mahasiswa memebrikan komentar bahwa acara ini memebrikan inspirasi dan motivasi bagi mereka bahwa pilihan menjadi petani sangatlah keren, karena bisa menyediakan pangan bagi orang lain, menyediakan pekerjaan dan bahkan bisa kaya dan keliling dunia.